Jumat, 10 Agustus 2018

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan


TIPS KESEHATAN - Jakarta Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman berkhasiat. Masyarakat Indonesia pun awalnya mengenali lidah buaya sebagai penyubur rambut, dan kini popularitas produk gel pelembab yang menggunakan ekstrak lidah buaya sungguh meroket. Sehingga, manfaat lidah buaya sudah lagi tak diragukan.

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini paling mudah ditemui di kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya memang seperti kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir.

Manfaat lidah buaya ada banyak sekali jumlahnya. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Manfaat lidah buaya seringkali kita dapatkan dalam bentuk produk kecantikan yang tentu saja sudah melalui proses kimiawi. Nah daripada Anda harus memakai sudah dalam bentuk kemasan yang tentu saja akan mengurangi khasiat dan manfaat lidah buaya itu sendiri, Anda bisa mendapat manfaat lidah buaya secara langsung atau dengan cara tradisional.

Berikut deretan manfaat lidah buaya jika Anda gunakan secara langsung, seperti yang dilansir MajalahKesehatan88 pada Jumat (10/8/2018) dari Kartun Online.

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan, Berikut deretan manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

1. Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar
Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Manfaat lidah buaya lainnya adalah kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

2. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi
Tak cuma untuk rambut dan kulit, manfaat lidah buaya yang lain adalah sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

3. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi
Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Nah, salah satu manfaat lidah buaya untuk dikonsumsi adalah mempercepat dan melancarkan proses detoks.

4. Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular
Salah satu manfaat lidah buaya lainnya adalah meningkatnya kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

5. Lidah buaya sebagai sumber asam amino
Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, salahs atu manfaat lidah buaya lainnya adalah terpenuhinya kebutuhan asam amino Anda.

6. Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral
Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Pasalnya, salah satu manfaat lidah buaya adalah dipenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com