Minggu, 24 Desember 2017

Bayi Mogok Nenen, Mengapa ?


TIPS KESEHATAN - Artis yang juga merupakan seorang ibu, Chelsea Olivia curhat tentang anak semata wayangnya yang sempat menolak menyusui atau mogok nenen (nursing strike). Untungnya, kini Nastusha Olivia Alinskie (15 bulan) sudah mau lagi menyusu ASI langsung.

"Nastusha udh mau nenen lagi,udh ga terlalu sering gigit dan udh ngak trauma lagi liat nenen," ungkap Chelsea dalam keterangan foto di Instagram pribadinya @chelseaoliviaa pada Sabtu (23/12/2017).

Bayi yang mogok nenen merupakan salah satu hal yang mengkhawatirkan bagi ibu. Bisa sampai membuat frustrasi terutama pada ibu yang merasa anaknya belum siap disapih seperti disampaikan dokter spesialis anak William Sears.

"Nursing strialing sering terjadi usai beberapa gangguan dalam rutinitas harian anak. Seperti perjalanan keluargke pa, orangtua berganti pekerjaan, perpisahan anak dengan satu atau dua orangtua. Namun terkadang sulit untuk menentukan alasan di balik anak mogok nenen," terang Sears melansir laman Parenting, Minggu (24/12/2017).

Ibu diharapkan tak langsung panik menghadapi bayi mogok nenen. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak mau menyusui seperti semula.

Tips

Bagi ibu yang buah hatinya mengalami mogok nenen, berikut saran Sears:

1. Lakukan cara menyusui favoritnya

Untuk menarik hati agar si Kecil mau menyusui langsung ke payudara, coba hidupkan kembali situasi menyusui yang dia sukai. Misalnya menyusui di kuris goyang atau sambil membaca buku.

"Kenangan indah menyusui langsung ini mungkin membuatnya kembali menyusu," ujar Sears.

2. Menyusui sebelum tidur

"Ini biasanya cara terbaik untuk merayunya kembali menyusui, terutama jika sebelumnya dia senang menyusu sebelum tidur," jelasnya.

3. Minimalisir distraksi

Sejak usia 10 bulan, bayi mudah terganggu saat menyusui, terlebih bila ruangan berisik. Pilihlah, waktu saat dia lapar, lalu ajak dia ke tempat sepi, biarkan duduk nyaman di atas Anda, nyanyikan lagu favoritnya. Dan biarkan dia menyusu sendiri.

4. Kurangi MPASI

"Kurangi jumlah MPASI dan susu tambahan, agar dia ingat bahwa makanan itu berasal dari piring dan botol serta menyusu langsung," saran Sears.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com