Minggu, 31 Desember 2017

Minum alkohol saat hamil turunkan IQ anak



Wanita yang minum alkohol saat hamil berisiko menurunkan tingkat IQ anak dalam kandungannya, ungkap penelitian di Inggris.

Hingga saat ini pendapat mengenai minum alkohol bagi wanita hamil masih menjadi kontradiksi. Beberapa ahli melarang wanita hamil mengonsumsi alkohol sama sekali, sementara beberapa lainnya menyatakan bahwa sedikit alkohol tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Namun penelitian terakhir yang melakukan analisis genetik pada 4.000 anak dan ibu menemukan bahwa mengonsumsi satu sampai enam gelas alkohol seminggu bisa menurunkan tingkat kecerdasan anak ketika berusia delapan tahun.

"Bahkan ketika konsumsi alkohol dilihat tidak berbahaya, kami bisa melihat perbedaan yang diakibatkan alkohol pada janin dan kecerdasan mereka ketika tumbuh dewasa," jelas peneliti Sarah Lewis dari Bristol University.

"Bukti ini menunjukkan bahwa dalam tingkat yang kecil alkohol berpengaruh terhadap perkembangan otak janin," tambahnya, seperti dilansir oleh Health Me Up (17/11).

Penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol tak berbahaya bagi bayi dianggap salah sasaran. Hal ini karena wanita yang mampu mengonsumsi alkohol beberapa kali sehari biasanya berasal dari kalangan menengah atas yang memiliki pendidikan baik, menjalani diet yang bagus dan tidak merokok. Faktor-faktor tersebut bisa jadi menutupi efek negatif dari alkohol.

Berdasarkan penelitian ini, untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin ada baiknya para ibu menghindari alkohol.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com