Rabu, 28 Maret 2018

Anak Pemalu Tak Selalu Introver



TIPS KESEHATAN -  Anak pemalu selalu dikaitkan memiliki kepribadian introver atau tertutup. Padahal tidak selalu seperti itu.

Menurut psikolog klinis dari Child Mind Institute, Rachel Busman, seseorang dikatakan introver ketika dia merasa mendapatkan banyak energi dan nyaman melakukan aneka hal sendirian atau saat menyendiri dia bahagia.

Saat bersosialisasi, anak introver bisa saja cenderung diam seperti anak pemalu, tapi ada banyak anak pemalu yang ekstrover alias terbuka seperti melansir laman Kartun Online, Rabu (28/3/2018).

Pada anak pemalu orangtua bisa mengajari keterampilan agar percaya diri tampil di muka umum.

Saat mengasuh anak pemalu dan introver memang punya tantangan tersendiri. Jangan juga memaksakan kehendak orangtua pada anak. Hal ini malah menimbulkan masalah baru seperti anak mogok sekolah atau sulit berteman.

"Bagi anak yang introver, biarkan dia memilih aktivitas yang dia sukai dan bisa bahagia dari hal itu. Misalnya membaca buku, olahraga individual. Sementara bagi Anda yang memiliki anak pemalu, biarkan anak punya banyak waktu bertemu banyak orang daripada hanya mengatakan 'Tenang, ajak ngobrol teman itu gampang, Adek'," tandas Rachel.

Walau begitu, tetap dorong anak untuk melakukan aneka aktivitas berbeda. Hal ini melatih agar anak bisa mempelajari hal baru dan lebih fleksibel bertemu orang baru.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com