Kamis, 01 Maret 2018

Tanda-Tanda dari Gejala Khas Penyakit Langka pada Anak


TIPS KESEHATAN - Gejala penyakit langka terbilang sulit dideteksi dan tak terlihat. Walaupun begitu, ada gejala khas penyakit langka yang wajib diperhatikan para orangtua.

Damayati R Sjarif, spesialis konsultan anak RS Cipto Mangunkusumo Jakarta mengungkapkan apa saja gejala khas penyakit langka pada anak.

"Kalau anak lahir normal, terus dikasih ASI. Tapi hari ketiga atau kelima dia tidak sadar. Nah, itu gejala penyakit langka. Berarti ada kelainan pada anak. Mesti ada makanan khususnya," jelas Damayanti usai acara "Rare Disease 2018" di IMERI UI, Fakultas Kedokteran UI, Jakarta, ditulis Kamis (1/3/2018).

Gejala lainnya, anak yang sudah pintar dan bisa jalan mendadak tak bisa jalan. Pertumbuhan dan perkembangan anak mengalami kemunduran. Yang lebih jelas terlihat, anak kemungkinan mengalami penyakit langka, yaitu kejang. Kejang anak tak hilang.

"Kalau anak kejang enggak bisa diobati atau diobati tapi enggak mempan. Misalnya, anak sudah diberikan sampai tiga obat, tapi kejang belum juga berhenti. Itu perlu dipikirkan lagi,"  tandas Damayanti.

Orangtua harus tanggap segera bawa anak untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menangani anak yang mengalami penyakit langka perlu obat dan makanan yang khusus.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com