Rabu, 14 Maret 2018

Manfaat Istirahat Sebentar di Sela-Sela Kesibukan Kerja


TIPS KESEHATAN - Anda mungkin berpikir, istirahat (break) sejenak cuma untuk sekadar minum saja. Padahal, jeda sejenak di sela-sela bekerja punya manfaat yang ajaib.

Kalau otak lagi sedang suntuk (sulit berpikir), jeda atau istirahat sejenak bisa meningkatkan motivasi bekerja. Ide-ide yang dihasilkan pun akan lebih segar.

"Jeda sejenak itu otaknya 'dimatikan sebentar.' Kemudian diaktivasi (diaktifkan) lagi. Ini membuat kita lebih termotivasi bekerja," ujar psikolog Tara Adhisti de Thouars dalam acara "Pentingnya Melepas Penat Sejenak di Sela Kesibukan Sehari-hari" pada Selasa (13/3/2018).

Ketika bekerja demi mencapai target, otak bagian depan akan berfungsi terus-menerus. Otak pun membutuhkan waktu untuk berpikir menyelesaikan pekerjaan.

Jeda atau istirahat sejenak akan memaksimalkan kinerja otak untuk berpikir. Pekerjaan bisa selesai dengan baik. Tara melanjutkan, jeda sejenak bisa menurunkan emosi negatif dan menaikkan emosi positif.

"Beban pekerjaan yang banyak tugas biasanya memunculkan emosi negatif. Kita jadi gampang emosi, marah, dan kesal. Logika juga enggak jalan," tuturnya.

Saat jeda atau istirahat sejenak, darah akan mengalir lancar ke otak. Emosi negatif akan mereda. Otak pun dapat kembali berpikir jernih.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com