Minggu, 18 Maret 2018

Waspada, Sering Merokok Berisiko Tuli


TIPS KESEHATAN - Merokok bukan hanya memunculkan risiko gangguan janin, kanker, dan impotensi. Dalam sebuah penelitian baru, merokok terbukti dapat meningkatkan risiko kehilangan pendengaran.

Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis data kesehatan selama 8 tahun terhadap lebih dari 50.000 orang di Jepang, dilansir dari laman Kartun Online, Minggu (18/3/2018).

Setelah memperhitungkan paparan rokok dan faktor risiko kehilangan pendengaran, para peneliti menemukan kalau perokok 1,2 sampai 1,6 kali lebih mungkin menderita tuli ketimbang orang-orang yang tak pernah merokok.

"Dengan ukuran sampel yang besar, masa tindak lanjut yang panjang dan penilaian obyektif, penelitian kami memberikan bukti kuat bahwa merokok bisa jadi faktor risiko gangguan pendengaran," jelas pemimpin penelitian Dr. Huanhuan Hu, dari Pusat Nasional untuk Kesehatan dan Kedokteran Global, di Jepang.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nicotine & Tobacco Research ini pun melaporkan, merokok merupakan faktor penyebab kehilangan pendengaran, dan menekankan perlunya kebijakan terkait pengendalian tembakau guna mencegah gangguan pendengaran, Hu menambahkan dalam sebuah rilisan pers.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com