Kamis, 15 Maret 2018

Stroke Seperti Bom Waktu, Itulah Kenapa Peru Check-Up Dengan Rutin


TIPS KESEHATAN - Medical check-up secara berkala dapat menjauhkan kita dari stroke. Konsultan Senior dari National Health Centre, Singapura, Tan Ru San, merekomendasikannya setiap satu tahun sekali. Terutama untuk mengecek kesehatan jantung.

Tindakan ini untuk memastikan kalau jantung masih berdetak dengan irama dan ritme beraturan. Itu berarti kita tak menderita atrial fibrillation (AF). Sebuah kondisi ketika jantung berdetak tak beraturan yang dapat meningkatkan risiko stroke akibat penggumpalan darah.

"Bisa lima kali lipat (risiko untuk kena stroke)," tutur Tan Ru San dalam acara Spotlight On Stroke di Carlton Hotel, Singapura, pada Selasa malam, 14 Maret 2018.

Sementara untuk pasien AF, Tan Ru San mengimbau agar jangan menunggu sampai satu tahun dulu. Bisa kapan saja. Begitu tubuh mulai terasa tidak nyaman, segera cek ke dokter.

Adapun gambaran dari sesuatu yang tak nyaman itu, yakni badan mendadak mudah sekali lelah, deg-degan, atau napas menjadi pendek.

"Tubuh sudah kasih sinyal-sinyal tapi kita cenderung abai," ujar Tan Ru San.

Abai dan cuek ini justru berbahaya. Stroke bisa muncul sekalipun kita sudah mati-matian menolak kemunculan penyakit itu.

Kita boleh mengklaim bahwa jantung sehat-sehat saja. Namun, yang terasa belum tentu sesuai "kenyataan" usai melakukan check-up.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com