Rabu, 24 Januari 2018

Batuk Datang, Coba Atasi Dengan Makan Cokelat


TIPS KESEHATAN - Ketika batuk datang dan tak ingin mengonsumsi obat, sebagian memilih cara sederhana dengan mengonsumsi jeruk nipis dan madu. Jika tidak suka, tak ada salahnya mencoba menghilangkan batuk dengan makan cokelat.

Kata pakar, cokelat mampu meredakan batuk yang mengganggu. Bagaimana caranya ?

Lewat studi pada awal 2000-an yang dipublikasikan dalam The FASEB Journal, cokelat memiliki kandungan theobromine. Senyawa ini yang tampaknya dapat menekan aktivitas saraf vagal, yaitu saraf yang bertanggung jawab membuat orang mengeluarkan respons jadi batuk.

Malahan dalam studi kecil yang dilakukannya, cokelat lebih efektif menekan batuk dibandingkan sirup batuk yang memiliki kandungan codeine, seperti dilansir dari Kartun Online, Kamis (25/1/2018).

"Batuk merupakan kondisi medis yang kerap dialami oleh banyak orang, namun belum ada pengobatan yang efektif. Dan batuk terus-menerus berpengaruh pula pada kualitas hidup. Semoga saja hasil temuan tersebut bisa jadi langkah besar dalam mengatasi batuk," ujar salah satu penelti Petern Barnes dari Imperial College London.

Penemuan menarik mengenai khasiat cokelat dapat membantu mengatasi batuk ini dilakukan pada jumlah partisipan yang kecil, yaitu hanya 10 orang.

Pada waktu yang berbeda, mereka diminta untuk mengonsumsi sesuatu yang memiliki kandungan codeine, theobromine, dan plasebo. Hasilnya, kondisi partisipan lebih baik saat mengonsumsi theobromine yang biasa ada dalam kandungan cokelat.

Memakan cokelat pun mempunyai efek samping yang jauh lebih rendah. Salah satunya tak ada efek samping mengantuk.

"Ini berarti, dapat dikonsumsi kapanpun. Contohnya saat mengemudi bisa mengonsumsi theobromine," ungkap peneliti itu.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com