Kamis, 25 Januari 2018

Minum Minuman Soda Usai Berolahraga Bikin Semuanya Sia-Sia


TIPS KESEHATAN - Minum minuman bersoda usai berolahraga memang akan merasa puas dan menyegarkan. Namun jika Anda pernah mencobanya, atau bahkan sering, mungkin ini waktunya untuk Anda berhenti melakukannya.

Ada sejumlah alasan yang mendasari pernyataan ini, dan pastinya didukung oleh banyak penelitian serta bukti ilmiah yang cukup kuat.

Berikut ini 3 alasan kenapa sebaiknya Anda tak minum minuman bersoda saat dan sesudah berolahraga.

1. Menurunkan performa olahraga

Kenapa bisa mengurangi performa olahraga? untuk sebagian orang, minuman soda bisa membuat perut jadi kembung. Bila diminum terlalu banyak dalam waktu yang sangat singkat, jenis minuman ini bisa memproduksi gas berlebihan di lambung, sehingga memicu kembung. Hal ini pun bisa terjadi meskipun dengan jumlah soda yang sedikit.

Selain membuat tidak nyaman, kondisi perut kembung pun amat berpengaruh terhadap performa olahraga. Tak cuma performa saja yang menurun, konsetrasi pun terganggu dan membuat Anda jadi rentan terhadap cedera.

2. Menambah berat badan

Olaharaga memang merupakan salah satu cara yang amat efektif guna mengontrol ataupun menurunkan berat badan. Mengonsumsi minuman bersoda usai berolahraga, terutama dalam jumlah yang besar, bisa menambahkan berat badan Anda.

Biasanya, minuman bersoda mempunyai kalori yang tinggi. Jika sesudah berolahraga Anda membakar 250 kalori, dan minuman soda yang Anda minum mempunyai kandungan kalori sebesar 300, manfaat yang diharapkan dari olahraga pastinya akan terbuang sia-sia. Jadi bersiaplah untuk terkejut dengan angka timbangan Anda.

3. Mengurangi kadar gula darah

Aktivitas Olahraga akan membuat kadar gula darah Anda menurun. Saat Anda lelah, mengonsumsi gula dalam jumlah yang tinggi memang bisa mengembalikan energi, namun sekaligus membuatnya jadi berbahaya, dan efek mengembalikan energi ini hanya sementara saja.

Dengan peningkatan gula yang drastis serta kebutuhan energi terus meningkat, tubuh Anda akan merespons dengan mengambil lebih banyak lagi gula. Hasilnya, penyerapan gula di tubuh akan meningkat dan gula darah jadi rendah.

Oleh sebab itu, mengonsumsi air putih usai olahraga lebih baik dibandingkan minum soda. Air putih akan membuat Anda lebih berstamina untuk melanjutkan aktvitas. Dan pastinya, tak akan menimbulkan perut kembung dan masalah kesehatan lainnnya.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com