Rabu, 18 April 2018

Ayo, Ajak Anak Olahraga Satu Jam Setiap Hari


TIPS KESEHATAN - Ketika anak memasuki umur satu sampai empat tahun, orangtua sudah bisa mengajaknya untuk olahraga. Karena si Kecil berada pada tahap merangkak dan menyempurnakan kemampuan berjalannya, pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki, melompat, atau berlari.

Selain itu, Anda juga dapat mengajaknya menari mengikuti irama musik kesukaannya atau melakukan gerakan senam sederhana.

Ketika anak memasuki usia lima sampai 18, olahraga yang dilakukan dapat lebih dinamis dan beragam. Pada usia ini, anak sudah dapat diajak melakukan olahraga permainan yang kompetitif, seperti bermain tangkap bola, sepak bola, basket, bulu tangkis, tenis, dan voli.

Selain itu, Anda juga dapat mengajaknya untuk berenang, berlari, menari, senam, dan ilmu bela diri. Semakin bertambah usia anak, kerumitan dan tingkat kesulitan olahraga dapat ditambah.

American Academy of Pediatrics (AAP) serta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan agar seorang anak melakukan aktivitas fisik selama 60 menit setiap hari. Olahraga tidak harus langsung dilakukan selama 60 menit, tetapi bisa ‘dicicil’ hingga mencapai 60 menit dalam sehari.

Sebelum mulai berolahraga, pastikan anak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Jika perlu, berikan anak pakaian pelindung yang sesuai dengan olahraga yang hendak ia lakukan. Misalnya, pelindung lutut jika ia hendak bermain sepak bola, atau helm jika si Kecil hendak bersepeda.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com