Kamis, 26 April 2018

Minum Larutan Soda Kue Dapat Cegah Penyakit Autoimun?


TIPS KESEHATAN - Anda mungkin tak menyangka soda kue ternyata bisa dikonsumsi dalam bentuk larutan, bahkan bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini mengungkapkan mengonsumsi larutan soda kue bisa membuat Anda terhindar dari beberapa masalah kesehatan, salah satunya yakni penyakit autoimun.

Dikutip dari Kartun Online, Kamis (26/4/2018), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia di Universitas Augusta ini menemukan konsumsi larutan soda kue bisa menurunkan risiko seseorang mengalami rematik dan lupus.

Penelitian yang dipimpin oleh ahli fisiologi ginjal, Dr. Paul O'Connor ini dilakukan dengan memberikan larutan soda kue pada 2 subyek, yaitu manusia sehat dan tikus.

Ketika 2 subjek meminumnya, larutan soda kue tersebut pun bereaksi pada perut dan limpa mereka. Ketika perut memproduksi asam guna mencerna makanan, sel mesothelial menjaga tubuh agar tak terjadi infeksi bakteri.

Tim peneliti mengidentifikasi sel mesothelial sebagai pelindung organ penting. Adapun limpa yang memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh, bertindak sebagai penyaring aliran darah.

Berdasarkan penelitian tersebut, para peneliti menemukan setelah kedua subyek meminum larutan soda kue selama dua minggu, sel-sel kekebalan tubuh pun beralih fungsi, sehingga berfokus pada peradangan dalam tubuh. Sel-sel kekebalan yang disebut makrofag ini ditemukan dalam limpa, ginjal, dan aliran darah.

Selain itu, peneliti pun menemukan konsumsi soda kue bisa meningkatkan ukuran limpa seseorang. Menurut mereka, ukuran limpa yang membesar ini terjadi lantaran adanya stimulus anti-inflamasi atau anti radang.

O'Connor optimis temuannya tersebut bisa membantu banyak orang yang mengalami penyakit autoimun.




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com