Selasa, 27 Februari 2018

Batasi Konsumsi Garam di Angka 1500 Mg


TIPS KESEHATAN -  Garam memang berguna bagi tubuh. Namun, seberapa banyak seharusnya konsumsi garam dalam sehari?

Salah satu yang terkandung dalam garam adalah sodium. Nutrisi inilah yang jadi ukuran konsumsi garam.

"Sodium adalah elektrolit ekstraselular yang paling penting," ujar Dr. Paul Whelton, profesor kesehatan masyarakat global di Universitas Tulane, dilansir dari Kartun Online (27/2/2018).

Elektrolit sendiri berperan untuk zat yang larut dalam air untuk menciptakan ion positif dan bermuatan negatif yang mengalirkan listrik. Keseimbangan elektrolit yang tepat penting untuk mengatur fungsi tubuh.

"Ini berperan di banyak fungsi kesehatan."

Namun, banyak orang mengonsumsi sodium berlebihan. Seperti di Amerika Serikat. Menurut pedoman diet resmi pemerintah federal, orang dewasa di Amerika paling tidak harus mengkonsumsi maksimal 2.300 miligram sodium setiap hari. Jauh berbeda dari perkiraan konsumsi tiap orang sebesar 3.400 mg.

Tapi, diet seperti ini dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan juga stroke.

"Negara seperti Amerika paling tidak membutuhkan sekitar 1500 mg per hari," ujar Whelton. Menurut Food and Drug Administration (FDA), ini jumlah yang dapat dikonsumsi orang dewasa dengan hipertensi per hari. Jumlah tersebut juga yang dianjurkan Center for Disease Control and Prevention (CDC), untuk bayi di bawah 3 tahun.

Organisasi seperti American Heart Association (AHA), persyaratan fisiologis minimal kebutuhan sodium di bawah 500 mg per hari. Bahkan kurang dari itu. Jumlahnya kurang dari seperempat sendok teh garam.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com