Rabu, 07 Februari 2018

Sikap Ortu Ketika Menemani si Kecil Nonton Tontonan Anak


TIPS KESEHATAN - Sekalipun butuh pendampingan dalam menonton tontonan anak, orangtua diimbau tidak perlu berkomentar terlalu banyak mengenai acara tersebut. Hal inilah yang membuat anak merasa tidak nyaman ketika menonton.

Menurut psikolog klinis dari Universitas Indonesia, Dr Imelda Ika Dian Oriza S.Psi M.Psi ketika dihubungi MajalahKesehatan88.blogspot.com pada, Kamis, 8 Februari 2018, orangtua tidak perlu banyak bicara.

"Ngomong kalau perlu aja. Tidak usah terlalu banyak koreksi. Kalau keberatan dengan film, ya langsung saja dilarang," tutur Dian.

Tapi, orangtua pun harus tetap tegas dalam membatasi tontonan anak dan harus tetap selektif pada tontonan mereka sendiri.

"Anak-anak kalau diberi batasan menonton hanya jam tertentu dan film tertentu, mereka akan patuh," kata Dian. Memang juga sebaiknya, kata Dian, tidak menyalakan televisi kalau jam belajar meski banyak tayangan menarik bagi orangtua.

Meskipun begitu, masih ada beberapa kartun yang tayang di Indonesia yang dianggap masih cocok dengan anak-anak.

"Tidak ada kekerasan atau materi seks, Upin Ipin bagus banyak values-nya. Dekat dengan budaya timur kita. My Little Pony tentang persahabatan dan kualitas pribadi. Setiap serial ada tujuan," kata Dian.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com